Program Manajemen Berbasis Sekolah

Penugasan Dosen Ke sekolah

Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di sekolah, sangat bergantung pada Komponen Sumber daya manusia (human resources) dan sarana prasarana ( material resources). Jika tenaga pendidik memiliki kompetensi dibidangnya yang didukung oleh kurikulum yang sesuai dan juga sarana dan prasarana yang memadai maka dapat dipastikan kualitas pendidikan akan meningkat. Untuk menghasilkan tenaga penddidik (guru) yang berkompeten, maka diperlukan sebuah LPTK yang berkompeten pula. Sebagai salah satu LPTK yang berada di utara Kalimantan, Universitas borneo Tarakan (UBT) berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan  dengan memanfaatkan otonomi yang diberikan oleh pemerintah pusat seperti yang tertuang dalam pasal 51 UU No. 20/ 2003 yang menyatakan bahwa pengelolaan satuan pendidikan tinggi dilaksanakan berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, dan evaluasi yang transparan.

Oleh sebab Itu, Universitas Borneo Tarakan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di lingkungan civitas Akademika khususnya di Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar. Adapun tujuan dari usulan program ini adalah untuk memperbaiki, menerapkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan konsep MBS serta membantu memberdayakan pendidik dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah.

Ketua Tim Task Force memeriksa Perangkat Pembelajaran

Sehingga dalam pelaksanaan program tersebut dilaksanakan oleh Tim Task Force Program Studi PGSD Jenjang Strata 1 (S-1) yang di ketuai oleh Ibu Neni Novitasari, M.Pd. dengan demikian dilaksanakanlah berbagai macam runtutan kegiatan sehingga tercapainya Manajemen Berbasis Sekolah di lingkungan Universitas Borneo Tarakan, Khususnya di Program Studi PGSD

Diantaranya adalah :  Penugasan Dosen ke sekolah-sekolah sehingga terjadi peningkatan kompetensi pendidik dalam mengatasi masalah pembelaran dan pendidikan di dalam dan di luar kelas yang menggunakan model MBS, Mengadakan  Seminar MBS dan Pembelajaran PAKEM dan masih banyak lagi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Task Force Program Studi PGSD Jenjang Strata 1 (S-1)



©2014 fkip.borneo.ac.id fkip.borneo.ac.id copyright by admin